Selasa, 19 April 2016

Persiapan Mental Menjelang Pernikahan


Menikah adalah sebuah hal terpenting yang mungkin terjadi dalam hidup seseorang. Untuk menghadapi hal penting tersebut, wajar jika anda memerlukan persiapan khusus. Persiapan tersebut tidak hanya berkisar dalam hal materi, namun yang lebih penting lagi adalah mempersiapkan mental sebelum menikah.  Hal ini mutlak wajib dilakukan jika anda ingin periode awal dalam menjalin rumah tangga berjalan lebih mulus.

Berikut ini persiapan secara mental yang harus dihadapi ketika akan menikah :


Memahami perubahan yang akan terjadi dalam hidup anda
Sangat penting untuk menyadari bahwa hidup anda akan berubah secara drastis setelah menikah. Nah, persiapan mental untuk menghadapi hal ini mutlak diperlukan agar tidak mengalami shock ataupun untuk mengurangi kecanggungan pada periode awal menikah.

Komunikasi
Banyak orang yang menyadari bahwa komunikasi yang baik adalah kunci sebuah hubungan yang langgeng. Namun banyak pula yang gagal menerapkan hal ini, terutama karena berbagai perasaan sungkan, tidak enak, dan takut menyakiti hati pasangan.  Yang jelas, anda harus menyiapkan diri untuk lebih terbuka dalam berkomunikasi pada pasangan, dan membuatnya lebih terbuka pula pada diri anda.

Hargai perbedaan antara anda dan pasangan
Besar maupun kecil, pasti akan ada perbedaan antara diri anda dan pasangan.  Perbedaan itu akan terlihat lebih jelas ketika anda tinggal dalam satu atap.  Nah, di sinilah perasaan untuk menghargai perbedaan satu sama lain harus dibangun.  Jika hal ini tidak terbangun dengan baik, bukan tidak mungkin rumah tangga akan diisi oleh perselisihan, perdebatan, bahkan pertengkaran.

Persiapan menghadapi masa depan
Menikah adalah salah satu kunci masa depan kehidupan seseorang.  Pernikahan yang baik akan membawa kita ke masa depan yang baik pula.  Satu lagi, menikah bukan hanya untuk beberapa hari atau beberapa bulan, namun untuk seumur hidup.  Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda mempersiapkan berbagai target dan hal-hal yang ingin dicapai di masa depan.

Semoga ulasan diatas dapat membantu dalam mempersiapkan mental anda untuk menuju pernikahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar